7 Merk HP Terbaik Tahun 2024

Daftar Isi


Mengetahui merk HP terbaik itu sangat penting sebelum membeli ponsel baru. Sebab hal ini akan berdampak pada pengalaman penggunaan selama pemakaian, serta sejumlah dana yang kamu investasikan untuk membeli ponsel tersebut.

Kami telah merangkum sejumlah merk ponsel terbaik di Indonesia berdasarkan hasil penjualan (market share) dari statcounter selama 12 bulan terakhir, dari Oktober 2022 – September 2023.

Simak terus sampai akhir untuk mengetahui alasan mengapa beberapa merk ini layak dikatakan sebagai yang terbaik.

7 Daftar Merk HP Terbaik

Tak sedikit yang mengira, Samsung atau Apple akan selalu berada di posisi teratas sebagai merk HP terbaik. Keduanya boleh dikatakan unggul di negara luar, apalagi negara asal merka.

Tetapi khusus di Indonesia, HP merk OPPO merupakan yang paling unggul dengan nilai market share yang tinggi, mengalahkan Samsung dan juga Apple.

Berikut ini daftar lengkapnya:

1. OPPO
image: gadgets360cdnSejak awal kehadirannya di Indonesia, OPPO menerapkan strategi marketing dan branding yang kuat serta konsisten dilakukan hingga kini. Tidak heran jika penjualannya yang tertinggi di antara merk lain, yakni 17,17%.

Dari segi spesifikasi terbilang cukup unggul dan telah dibuktikan dengan berbagai inovasi yang disematkan sejak awal perilisannya, yaitu fitur beautification atau kamera yang membuat wajah seseorang lebih mulus dan cerah. Maka dari itu OPPO dijuluki sebagai Selfie Expert.

Keunggulan Oppo

– Fitur canggih dengan harga affordable. Fitur canggih ini termasuk baterai jumbo dengan pengisian cepat dan layar berkualitas dengan warna pekat.

– Service center OPPO mudah dicari.

– Desain HP mewah.

baca juga:HP Oppo Harga 1 Jutaan

2. Samsung
image: logos-worldSamsung menempati posisi kedua dengan market share 16,98%. Posisi teratas yang berhasil dipertahankan hingga kini membuktikan bahwa HP dari merk Samsung selalu layak dipertimbangkan.

Build-quality dengan durabilitas yang bagus diterapkan di semua lini ponsel, termasuk entry-level. Kualitas kamera dan lensa dari HP Samsung terkini pun sudah sangat bagus.

Begitupun dengan user interface yang simple dan enak dilihat, namun tetap stabil.

Keunggulan Samsung

– Jaringan service dan purna jual yang luas.

– Pelan-pelan memperluas ekosistemnya dengan Galaxy Watch, Buds dan lain-lain.

– Mendapatkan update software hingga 5 tahun.


3. Xiaomi
image: 1000logosMerk yang satu ini patut diacungi jempol karena telah berhasil mengubah stigma “kualitas produk China buruk” menjadi merk HP terbaik yang banyak diandalkan. Terbukti dari nilai market share 15% yang berhasil didapat, serta menempati posisi ketiga.

Bahkan, David GadgetIn sebagai reviewer teknologi top di Indonesia mengakui kalau hardware Xiaomi sangat baik, setara dengan Samsung namun harganya lebih murah.

Makanya, Xiaomi seringkali dijadikan alternatif HP flagship bagi mereka yang memiliki budget yang terbatas.

Meski kesan “HP murah” melekat kuat pada Xiaomi, pelan-pelan brand ini mulai serius dengan pengembangan usahanya.

Dibuktikan dengan adanya Redmi untuk HP murah, Mi untuk flagship, dan POCO untuk merka yang suka gaming.

Pilihan ini mempermudah kamu memilih HP terbaik yang sesuai dengan kebutuhan.

Keunggulan Xiaomi

– Mengeluarkan banyak HP berspesifikasi bagus dengan harga yang terjangkau.

– Fiturnya banyak tanpa perlu lagi menginstall aplikasi tambahan, seperti screen recorder, scanner, compass, dan lain-lain.

– Tingkat kustomisasi yang tinggi tanpa perlu izin dari brand.

baca juga:HP Xiaomi 3 Jutaan

4. Vivo
image: 1000logosvivo dikenal sebagai brand yang mirip dengan OPPO, tapi beda warna. Artinya, kedua brand ini sama-sama kuat.

Terbukti dari posisinya sekarang di statcounter dengan market share 12,72%. Belakangan diketahui, ternyata vivo dan OPPO memiliki induk perusahaan yang sama, yakni BBK Electronics.

Secara performa, keduanya bisa dikatakan bagus, dan Vivo dikenal inovatif dalam menghadirkan berbagai teknologi terkini.

Beberapa di antaranya yaitu NFC, sistem kamera tersembunyi yang bisa muncul, sensor sidik jari dalam layar, konsep HP dua layar, dan masih banyak lagi.

Keunggulan Vivo

– Smartphone vivo bisa menghasilkan kualitas foto indoor, outdoor dan mode malam yang lebih ciamik, serta video yang stabil.

– Umumnya memiliki desain yang menarik.

– Banyak menyematkan fitur inovatif dengan harga yang terjangkau.

baca juga:HP Vivo Harga 3 Jutaan

5. Apple
image: 1000logosPosisi tengah dengan market share 11,81% ditempati oleh Apple. Meski bukan yang teratas dengan jumlah pengguna lebih sedikit dibandingkan Android yang menguasai 70.46% market share, HP dengan sistem operasi iOS memiliki kualitas yang lebih baik dari sejumlah aspek. Mulai dari build-quality, performa, kamera, hingga keamanan.

Memakai iPhone juga memberikan keuntungan lain yang tidak diberikan oleh HP Android. Mulai dari nilai jual kembali yang tinggi, hingga menaikkan status sosial.

Keunggulan Apple

– Desain UI yang konsisten.

– Masa pemakaian yang jauh lebih awet karena mendapat support OS lebih lama dari kebanyakan HP Android.

– Kemudahan koneksi antar produk sehingga berlangsung cepat.

baca juga:iPhone 4 Jutaan Terbaik

6. Realme
image: wallpapersMerk HP terbaik berikutnya adalah realme, sub-brand HP dari induk yang sama dengan OPPO. Meski tergolong baru, market share yang diperoleh brand ini cukup tinggi, yakni 7,12%.

Kehadirannya khusus ditujukan untuk melawan popularitas Redmi dari Xiaomi atau smartphone sekelasnya.

Artinya, secara spesifikasi hampir sama, namun jauh lebih baik daripada brand lainnya di segmen yang sama.

Aspek lain seperti ukuran layar, baterai, multimedia, dan performanya tergolong bagus. Terutama untuk gaming online yang berat, seperti Free Fire, Mobile Legends, dan lainnya.

Maka dari itu, HP ini kerap direkomendasikan bagi merka yang gemar memainkan game online namun terbatas budget.

Keunggulan Realme

– Rajin menghadirkan teknologi yang belum diterapkan brand kompetitor di kelasnya, seperti SmartDriving dan Super Saving Power Mode.

– Lebih murah dari OPPO tapi kualitas kameranya hampir setara.

– Reputasi HP murah dengan kualitas bagus serta dukungan service center support yang lebih banyak.

baca juga:HP Realme Harga 2 Jutaan

7. Infinix
image: vecteezyJika budget kamu sangat minim namun menginginkan spesifikasi setara merk-merk seperti Xiaomi, OPPO, vivo dan realme, maka Infinix merupakan solusinya.

Sudah banyak yang mengakui hal ini, bahkan terbukti dari nilai market share yang berada di angka 2,85%.

Walaupun jauh di bawah beberapa merk sebelumnya, angka tersebut bisa dikatakan cukup tinggi, mengingat Infinix merupakan brand baru.

Dari segi spesifikasi, Infinix tergolong gahar untuk main game. Kamu pun bisa melakukan aktivitas multitasking dan editing grafis standar HP secara lancar.

Tak perlu khawatir dengan build-quality Infinix. Semua segmen memiliki tingkat ketahanan yang sama.

Menariknya lagi, Infinix punya banyak varian yang menarik di range harga Rp 1 jutaan. Tapi sudah dilengkapi dengan kamera depan punch hole, sensor sidik jari samping, NFC, dan stereo speaker yang menggelegar.

baca juga:HP Infinix Terbaru

Keunggulan Realme

– HP Rp 1 jutaan yang dihadirkan sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan fungsionalitas harian.

– Umumnya memiliki layar super besar untuk menunjang aktivitas nonton film, gaming, hingga pertemuan online.

– Banyak fitur kejutan unik yang tidak dimiliki kompetitor lain di kelasnya.

Alternatif lainnya selain merk HP terbaik tersebut, yaitu ASUS, Huawei, hingga Advan.
Dari penjelasan tadi dapat disimpulkan bahwa masing-masing merk HP terbaik memiliki kelebihan tersendiri, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan maupun budget kamu.

Yang pasti, kalau mau beli HP baru, sejumlah merk tadi sangat layak untuk kamu pertimbangkan.

Posting Komentar